Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Apa itu Artificial Intelligence (AI) ? Definisi dan Cara Kerjanya

December 9, 2022by Nirmala Syahru0
3d rendering humanoid robot with ai text in ciucuit pattern

Sebenarnya apa itu AI? Secara singkatnya, mengacu pada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakannya. Apakah hal tersebut benar? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini.

Apa itu artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan?

 

Artificial Intelligence adalah ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas yang melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan komputer.

Bisa dibilang AI merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sistem komputer, perangkat lunak, program dan robot untuk berpikir secara cerdas layaknya seorang manusia.

Seperti yang sudah diterapkan dalam penggunaan smartphone, melalui asisten virtual Google atau Siri. AI diprediksi akan terus berkembang dan lebih cerdas lagi, sehingga kondisi ini tak lagi dapat dihindari.

Karakteristik ideal dari artificial intelligence adalah kemampuannya untuk merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu.

Contoh Artificial Intelligence (AI)

 

Kecerdasan buatan memiliki dua kategori yakni AI lemah (Weak AI) dan AI kuat (Strong AI), kategori yang lemah dirancang untuk melakukan tugas tertentu seperti menjawab pertanyaan berdasarkan input dari pengguna. Sementara AI kuat dirancang dengan sistem yang bersifat kognitif, seperti manusia, sistem ini akan memberi solusi baik tanpa peran manusia, berikut beberapa contohnya.

  • Streaming Video atau Musik

Saat streaming dijalankan, program ini akan menampilkan kualitas yang sesuai dengan kemampuan sinyal. Ketika program streaming dibuka maka secara otomatis akan menampilkan berbagai konten.

  • Search Engine

Artificial intelligence artinya kemudahan belajar dan web dikenal dengan kemampuannya yang tahu segalanya, namun kepintaran web ini merupakan hasil kontribusi dari masyarakat dunia yang saling berbagi pengetahuan melalui tulisan atau artikel. Mayoritas search engine selalu berlomba-lomba memberi akses yang tinggi sehingga pengguna nyaman di internet.

  • Global Positioning System (GPS)

Global Positioning System (GPS) termasuk dalam teknologi yang tergolong rumit, karena itulah disebut sebagai teknologi pintar. Menggunakan big data dalam proses pembuatannya, untuk merekam seluruh perjalanan dunia secara detail bisa diakses menggunakan GPS. Teknologi ini mampu dipakai untuk mendeteksi jalanan dengan berbagai pilihan rute.

  • AI dalam Bidang Pendidikan

Sedang menjadi tren, dimana AI diterapkan dalam pembelajaran karena dianggap sebagai solusi mengatasi tantangan yang dihadapi oleh siswa dan guru. Kecerdasan buatan bisa membantu meningkatkan kinerja siswa dengan memberi umpan balik yang lebih relevan, membantu belajar lebih cepat dan meningkatkan retensi belajar.

Machine learning menjadi teknologi baru dengan tujuan meningkatkan kinerja peserta didik, algoritma pembelajaran mesin menjadi salah satu alat terpenting guna memecahkan masalah kompleks yang muncul saat ini.

Algoritma pembelajaran mesin bisa dipakai untuk mengerjakan banyak tugas yang berbeda dan dalam berbagai cara.

Cara kerja artificial intelligence (AI) 

 

Menurut techtarget.com, sistem artificial intelligence secara umum bekerja dengan memproses sejumlah besar data, menganalisis data untuk menemukan pola dan korelasinya, serta menggunakan pola ini untuk membuat prediksi keadaan di masa depan.

Dengan metode ini, chatbot yang sudah pernah diberi contoh mengenai topik obrolan dapat menciptakan respon yang nyata dengan lawan bicara, atau bahkan alat pengenalan gambar dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan objek dalam gambar setelah meninjau jutaan contoh yang diberikan.

Dampak artificial intelligence (AI) 

 

Penerapan artificial intelligence menimbulkan masalah baru yang berkaitan dengan hukum, etika, dan keamanan.

Penemuan teknologi mobil yang dapat menyetir sendiri juga cukup kontroversial karena jika terjadi peretasan, tidak ada pihak yang wajib bertanggung jawab. Argumen lain memperdebatkan etika artificial intelligence dan mempertanyakan apakah sistem cerdas seperti robot harus diperlakukan dengan hak yang sama seperti manusia.

Masalah lain yang diperdebatkan banyak orang dengan keberadaan artificial intelligence adalah bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi pekerjaan manusia.

Dengan banyaknya industri yang ingin mengotomatiskan pekerjaan tertentu melalui penggunaan mesin cerdas, terdapat kekhawatiran bahwa artificial intelligence akan meningkatkan jumlah pengangguran.

Mobil self-driving dapat menghilangkan kebutuhan akan taksi, sementara produsen dapat dengan mudah mengganti tenaga manusia dengan mesin dan membuat keahlian mereka tidak lagi diperlukan.

 

Terlepas dari berbagai risiko yang ditimbulkan, banyak yang berpendapat bahwa artificial intelligence meningkatkan kualitas hidup sehari-hari karena mereka dapat melakukan tugas rutin bahkan tugas yang rumit dengan lebih baik dari yang bisa dilakukan manusia, membuat hidup lebih sederhana, dan lebih efisien.

 

 

Sumber

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.