Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Asana : Project Management Tools untuk Berkoloborasi

January 2, 2023by Nirmala Syahru0
pinterest.com

Ketika pandemi datang dan pertemuan tatap muka mengalami pembatasan, teknologi mengalami perkembangan supaya pekerjaan manusia bisa dimudahkan. Salah satu “produk pandemi” yang dapat dirasakan manfaatnya sampai sekarang adalah project management tools.

Secara umum, project management tools adalah platform atau software yang digunakan untuk mempermudah menata, mengelola, dan memantau proyek kolaboratif yang dikerjakan oleh tim. Di antara ratusan project management tools yang ada, Asana adalah salah satu tools terbaik yang paling banyak digunakan.

Apa itu Asana?

Asana adalah salah satu alat manajemen proyek (project management software) satu-satunya yang memprioritaskan tim dan project manager. Sementara beberapa opsi software manajemen proyek lainnya hanya berfokus pada penyederhanaan management experience , Asana mendorong semua anggota tim untuk menggunakan softwarenya untuk mencapai tujuan mereka sendiri melalui fitur yang berpusat pada user dan antarmuka pengguna (user interface) yang sederhana dan tentunya sangat bersahabat.

Fitur yang tersedia di Asana

Fitur Asana diarahkan untuk menginspirasi seluruh tim, bukan hanya manajer proyek. Berikut penjelasannya :

Fitur Manajemen dan Perencanaan

Adapun fitur yang termasuk ke dalam kategori project management ini adalah sebagai berikut.

  • Subtasks — fitur ini berguna untuk membagi suatu tugas ke dalam bagian-bagian yang lebih sederhana.
  • Task assignees — fitur ini berfungsi untuk membagi tugas kepada anggota tim yang berbeda-beda sehingga setiap individu bisa mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan tanggung jawabnya.
  • Create sections and columns — fitur ini memfasilitasi penggunanya untuk mengelompokkan tugas-tugas berdasarkan kepentingan atau kategori yang sudah ditentukan sehingga list task terlihat lebih tertata.
  • Custom fields — fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat nomor atau text custom sesuai keinginan. Kamu juga bisa memberikan notifikasi yang berbeda pada setiap custom fields.
  • Forms — fitur ini membantu penggunanya memahami detail yang diberikan anggota lain tentang requestbrief, atau yang lainnya.
  • Due time & dates — dengan fitur satu ini, penggunanya bisa mengatur tenggat waktu tugas yang diberikan sehingga semua pekerjaan bisa terpantau dan tidak melebihi deadline yang diberikan.
  • Goals — fitur ini berguna untuk mengatur, memantau, dan mengelola target, baik di tingkat eksekutif, manajerial, atau untuk masing-masing individu.
  • Milestones — fitur ini berfungsi untuk memotivasi anggota tim dengan membuat target-target kecil yang bisa mendorong progresivitas individu.
  • Timeline — fitur ini memfasilitasi penggunanya untuk melihat linimasa pekerjaan secara menyeluruh dan menyesuaikan diri dengan jadwal yang sudah diatur.
  • Attachments — fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengunggah file dari komputer, Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan masih banyak lagi.
  • Likes — fitur ini membantu penggunanya untuk memberi tanggapan berupa like (seperti di media sosial) terhadap task yang sudah diselesaikan oleh anggota tim.
  • Assign tasks in multiple projects – dengan fitur satu ini, penggunanya dapat memberikan beberapa tugas dengan detail yang berbeda secara langsung.

Views

Pada kategori Views, fitur yang tersedia adalah sebagai berikut.

  • My tasks — fitur ini membantu penggunanya untuk merencanakan kegiatan atau aktivitas harian yang bisa diatur dengan skala prioritas.
  • Inbox — fitur ini bermanfaat untuk menerima dan menyaring notifikasi untuk setiap tugas, percakapan, dan follow-up tugas.
  • List — fitur berbentuk grid ini memudahkan penggunanya untuk membuat, menyaring, dan menghapus tugas-tugas sesuai keperluan.
  • Search — fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mencari dan menemukan informasi yang dibutuhkan supaya target pekerjaan cepat terpenuhi.
  • Portfolios — fitur ini bisa digunakan untuk mengatur semua strategi dalam bekerja dan memantau status tiap-tiap project dalam satu tempat.
  • Workload — dengan fitur ini, penggunanya bisa melihat banyaknya pekerjaan masing-masing anggota tim sehingga pembagian kerja bisa dilakukan dengan lebih adil.
  • Calendars — fitur satu ini memfasilitasi penggunanya untuk melihat setiap tugas dalam format kalender.

Integration

Asana terintegrasi dengan berbagai platform, seperti Gmail, Google Drive, Dropbox, Google Sheets, dan masih banyak lagi.

Communication

Berikut adalah fitur yang tergolong ke dalam kategori communication.

  • Proofing — fitur ini berguna untuk memberikan masukan atau tanggapan yang jelas terhadap task anggota tim. Penggunanya semakin dimudahkan karena ia bisa langsung mengomentari di gambar atau PDF yang diunggah di Asana.
  • Project conversations — fitur ini memfasilitasi penggunanya untuk melakukan diskusi proyek.
  • Team pages — fitur ini membantu penggunanya untuk berdiskusi secara langsung di halaman kerja (mirip seperti pengerjaan tugas menggunakan Google Docs yang tautannya dibagikan ke masing-masing anggota tim).
  • Status updates — fitur ini berfungsi untuk mengatur status proyek yang sedang dikerjakan sehingga pekerjaan lebih terpantau.
  • Languages — dengan fitur ini, penggunanya bisa memilih mengoperasikan Asana dengan bahasa yang tersedia, seperti bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, dan Jepang.
  • Rich text — rich text yang dimaksud adalah fitur untuk menebalkan, menggarisbawahi, memiringkan, dan mengatur teks supaya pesan yang disampaikan lebih jelas.

Harga Asana

Asana membagi paket berlangganannya menjadi 4, yaitu paket Basic yang tentunya gratis dan 3 paket berbayar, yaitu Premium, Business dan Enterprise.

Asana Basic

Asana Basic cocok untuk pemula atau individu yang baru pertama kali menggunakan project management software. Keuntungannya adalah paket Basic ini gratis.

Asana Premium

Dengan US$ 13.49 per user per bulan atau $10.99 per user per bulan (ditaggih pertahun), Anda dapat menggunakan Asana untuk berkolaborasi bersama anggota tim kerja dalam menyelesaikan proyek.

Asana Business

Paket Asana Business dibandrol dengan harga US$24.99 per bulan per user (ditagih per tahun), sedangkan untuk harga langganan per bulan per user dibandrol dengan harga US$ 30.49. Paket Asana Business ini cocok untuk Anda yang memiliki banyak tim kerja dan memiliki banyak proyek yang dilakukan bersamaan.

Asana Enterprise

Tidak hanya terbatas dengan paket Premium dan Business, Asana juga menyediakan paket Asana Enterprise. Paket Enterprise ini sangat cocok untuk bisnis Anda yang memiliki kebutuhan keamanan maksimal, kontrol maksimal dan dedicated support team untuk selalu membantu Anda dalam menggunakan software Asana dalam proyek. Untuk harga, Anda perlu menghubungi tim sales Asana langsung.

Kelebihan Asana

  1. Asana mempunyai UI yang menarik.
  2. Ada fitur kalender yang bisa dengan mudahnya menyinkronisasikan semua tugas.
  3. Asana mempunyai fitur yang memungkinkan penggunanya bisa melihat dan merangkum semua tugas di satu laman.
  4. Asana terintegrasi dengan berbagai platform sehingga hal ini sangat membantu penggunanya.

Kekurangan Asana

  1. Asana belum mampu melacak tugas-tugas yang mempunyai tenggat waktu sama.
  2. Karena Asana adalah platform berbasis teks, beberapa ketidaksengajaan, seperti menghapus project atau memindahkan project ke halaman anggota tim yang lain sangat mungkin terjadi.
  3. Dengan banyaknya tugas yang di-assign, Asana berpotensi lambat beroperasi.
  4. Tidak ada fitur time-tracking sehingga perlu ekstensi tambahan jika diperlukan.

 

Demikian penjelasan lengkap tentang project management tools Asana. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

 

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.