GitIgnore Konfigurasi Yang Sering Terlewatkan

GitIgnore Konfigurasi Yang Sering Terlewatkan

Git adalah perangkat lunak pengendali versi atau proyek manajemen kode perangkat lunak yang diciptakan oleh Linus Torvalds, yang pada awalnya ditujukan untuk pengembangan kernel Linux. Desain Git terinspirasi oleh BitKeeper dan Monotone.

Untuk saat ini banyak sekali pengembang perangkat lunak yang menggunakan Git sebagai pengendali versi dalam proyeknya. Selain dari pada mudah untuk digunakan, penyedia layanan repository gratis banyak menyediakan layanan untuk mendunkung penggunaan Git, seperti Gitlab, Bitbucket, Github maupun repository lainnya.

Dalam penggunaan Git terkadang banyak developer atau pengembang yang sering melupakan konfigurasi untuk file .gitignore. Gitignore sendiri merupakan konfigurasi bawaan dari Git yang memungkinkan Git untuk mengabaikan file yang tidak ingin kita upload ke server repository. Gitignore sendiri cukup penting untuk digunakan seperti untuk mengabaikan file konfigurasi database, direktori temporary, direktori upload atau file yang cukup penting seperti .env pada Laravel dan Ruby.

Untuk menggunakan Gitignore cukup mudah, kita hanya tinggal membuat sebuah file bernama ".gitignore" dan disimpan di direktori project Git kita. Untuk konfigurasinya sendiri pun cukup mudah tinggal memasukan nama file ataupun nama direktori yang ingin kita abaikan, seperti contoh berikut. 

.env #untuk mengabaikan file .env

/upload #untuk mengabaikan direktori upload

Do You Have An Awesome Project In Mind?

We will provide the best service we can for you, contact us immediately to work together with your company.

Get in Touch

Sampulkreativ Technology

Jl. Abdul Halim No.118, Kel. Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat, Indonesia Kode Pos 40522

+62 22 2600 3475
contact@sampulkreativ.com

Copyright 2020. Developed by Sampulkreativ Technology