Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Setelah Lulus Pekerjaanya tidak Punah

October 30, 2022by adminsampulkreativ0

Hai sobat Kreativ!

Apakah kamu sekarang sedang mencari referensi untuk memilih jurusan kuliah? kamu masih kebinggungan untuk memilih karena takut jenjang karirnya keburu musnah sebelum lulus?

Nah tenang sobat Kreativ, artikel ini akan membantu kamu memberikan sedikit wawasan mengenai jurusan-jurusan yang mungkin bisa kamu pilih agar nanti setelah lulus, pekerjaan kamu tidak musnah dimakan zaman. Silakan sobat Kreativ baca sampai habis untuk mendapatkan wawasan yang lengkap.

Information Technology (IT)

Teknologi yang kian maju bukan merupakan hal yang baru, dengan pesatnya teknologi informasi, semakin banyak pula peluang untuk bekerja pada bidang IT. Perusahaan-perusahaan dewasa ini sudah, sedang dan akan mencari kandidat yang bisa membuat, mendesain, meneliti dan mengembangkan perangkat keras dan lunak yang berhubungan dengan IT untuk mempermudah pekerjaan serta meningkatkan efisiensi serta produktifitas kerja. Sehingga mengambil jurusan yang berhubungan dengan IT di perkuliahan akan menjadi hal yang menjanjikan untuk kamu pilih agar nanti bisa mendapatkan pekerjaan yang tidak akan lekang oleh waktu.

Kedokteran

Zaman semakinn maju dan semakin banyak kebutuhan setiap orang dalam hidupnya, sehingga bertambah juga kebutuhan akan sarana kesehatan seperti kebutuhan akan tenaga medis (dokter) dan tempat kesehatan seperi rumah sakit atau puskesmas. Lebih lanjut bahwa penduduk Indonesia adalah penduduk yang mengalami pertumbuhan cukup pesat di dunia, maka akan banyak sekali orang yang membutuhkan tenaga kesehatan. Di Indonesia banyak orang yang mengincar menjadi dokter karena dianggap memiliki kedudukan terhormat dan menghasilkan banyak uang.

Oleh karena itu, jika kamu memilih jurusan kedokteran di universitas maka akan mendapatkan pekerjaan cukup luas baik di dalam atau luar negeri.

Matematika

Matematika adalah induk dari semua ilmu. Untuk menciptakan program dibutuhkan orang Matematika. Untuk menganalisis data juga perlu orang Matematika.

Lulusan jurusan matematika bisa bekerja di banyak profesi seperti auditor, data analyst, data scientiest, aktuaris dan research scientist. Kesemua profesi tersebut akan terus dibutuhkan eksistensinya di masyarakat dan tidak dapat tergantikan oleh mesin karena mereka adalah otak dari penciptaan mesin itu sendiri.

Karenanya jika kamu masih menganggap bahwa lulusan matematika hanya bisa menjadi guru matematika saja, maka kamu salah besar, karena faktanya akan banyak peluang kerja yang akan kamu dapatkan jika kamu menguasai keilmuain ini.

Filsafat

Filsafat adalah ilmu yang melahirkan pemikiran-pemikiran dengan menggunakan pendekatan yang lebih dalam dan bermakna. Filsafat sejatinya merupakan studi mengenai hakikat realitas dan keberadaan mengenai apa yang mungkin diketahui hingga perilaku benar atau salah.

Pada dasarnya setiap ilmu pengetahuan mempunyai keunikan tersendiri yang saling membedakan, selain itu juga memberikan manfaat dan kegunaan dalam kehidupan. Bagi keilmuan filsafat, mengambarkan dasar dari segala dasar pemikiran yang membutuhkan pemecahan dari pertanyaan dan persoalan hidup di dalam olah pikir manusia, kemudian melahirkan berbagai cabang ilmu. Filsafat menyentuh berbagai dimensi hidup manusia, realitas hidup, kejujuran diri dan refleksi suasana jiwa.

Dengan belajar filsafat, ilmu sains dan teknologi bisa berkembang dengan pesat, oleh karena itu kamu tidak akan salah pilih filsafat untuk menopang jenjang karir setelah lulus.

Psikologi

Sama seperti kedokteran, pekerjaan ini berkontak langsung dengan manusia, rasanya tidak mungkin kalau perannya digantikan robot secara menyeluruh. Robot tidak bisa memahami perasaan orang. Selain itu, di era digital kejahatan bisa semakin canggih, dibutuhkan psikolog-psikolog forensik profesional untuk mengurai kasus kriminal besar.

Psikolog merupakan tenaga kesehatan yang dapat membuka praktek secara mandiri, selain itu dapat juga bekerja di pelayanan kesehatan klinik, rumah sakit, instansi pemerintahan atau lembaga swasta di bidang sosial.

Jika kamu ingin berkarier pada profesi psikologi, maka ilmu yang harus kamu kuasai adalah psikologi dan profesi psikologi.

Teknologi Bioproses/Bioteknologi

Berprofesi sebagai bioteknologi dibutuhkan untuk menciptakan inovasi di bidang sandang, pangan, energi, dan manufaktur yang akan terus bertumbuh selama manusia ada.

Melansir pada jurusan di universitas ternama bahwa bioteknologi mempelajari banyak hal mengenai teknologi penopang kehidupan seperti teknologi pasca panen, rekayasa hayati, rekayasa kehutanan, mikrobiologi, rekayasa pertanian dan biologi.

Karena sifatnya yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan tidak mungkin dapat tergantikan oleh mesin, maka jurusan bioteknologi dapat dipilih untuk menjadi jenjang karier setelah kamu lulus.

Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan bidang ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Sobat Kreativ akan dibekali dengan ilmu dan pengetahuan seputar konsep, perancangan, pengembangan serta produksi perangkat listrik dan elektronik. Kemudian akan banyak membahas metode pembangkit dengan sumber energi baru, metode penyimpanan energi dan metode kontrol penghematan energi.

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan jurusan teknik elektro seperti dibutuhkan hampir di seluruh lini industri untuk menangani berbagai persoalan kelistrikan dan sistem peralatan elektronik. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan prospek kerja jurusan ini, jika ada kesempatan untuk mengambil jurusan elektro, maka ambillah.

Oke sobat Kreativ, itu dia beberapa pekerjaan yang tidak akan musah dimakan zaman versi sampulkreativ. Diharapkan kamu tidak binggung lagi untuk memilih jurusan kuliah nanti dan mendapatkan jenjang karier yang pasti untuk modal kamu mengarungi kehidupan.

Referensi:

https://blog.gamatechno.com/9-pekerjaan-bidang-it-yang-paling-menjanjikan/

https://www.kompas.com/edu/read/2021/09/27/113019071/8-prospek-kerja-lulusan-jurusan-matematika-gaji-menjanjikan?page=all

https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-filsafat-dan-manfaat-dalam-kehidupan/

https://campus.quipper.com/majors/id-teknik-elektro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.