Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Clickbait : Pengertian dan Contohnya

December 23, 2022by Nirmala Syahru0
5 Tips for a Successful Return to the Office (1)

Jika aktif di media sosial, pasti kamu sadar bahwa clickbait adalah salah satu hal yang sering berseliweran di timeline media sosial.

Clickbait yang unik dapat membuat audiens merasa ingin membacanya kemudian memutuskan untuk mengunjunginya. Banyak website atau perusahaan yang menggunakan clickbait untuk meningkatkan konversi kunjungan di internet. Namun demikian, clickbait terkadang memang tidak mudah dibuat dan membutuhkan ide-ide yang unik.

Apa Itu Clickbait?

Dilansir dari Tech Crunchclickbaiting adalah tindakan menjanjikan sesuatu secara berlebihan yang biasa ditemukan di judul berita, caption di media sosial, dan lain-lain.

Clickbait dapat mendatangkan keuntungan dan bekerja dengan baik dalam mendatangkan pelanggan apabila digunakan dengan benar. Namun demikian, penting untuk dipahami bahwa artikel yang disajikan pun harus memuat informasi secara rinci. Alih-alih menyajikan tujuan mengundang dari headline, akurasi dan kualitas artikel juga harus diperhatikan.

Fungsi clickbait

Ada beberapa fungsi dari clickbait yang berhasil diterapkan dengan baik seperti berikut.

1. Meningkatkan click through rate (CTR)

Clickbait dapat menarik rasa penasaran seseorang sehingga memutuskan untuk klik suatu link. Jumlah klik ini memengaruhi click through rate (CTR) yang merupakan indikator berkembangnya suatu website. Angka CTR yang tinggi menggambarkan bahwa konten yang dibuat relevan dengan kebutuhan audiens.

2. Meningkatkan brand awareness

Clickbait menarik yang relevan dengan isi konten dapat mengundang banyak audiens. Audiens akan mulai percaya bahwa website tersebut menyajikan konten terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

3. Bertambahnya jumlah pageviews

Salah satu fungsi penggunaan clickbait adalah membuat audiens tertarik melakukan klik. Dari hasil aktivitas klik ini, jumlah pageviews dalam metrik perkembangan website pun akan meningkat. Selain itu, bagian creator maupun SEO specialistpageviews menjadi salah satu kunci utama dalam menganalisis perkembangan websitePageviews adalah total halaman yang telah dilihat oleh audiens dan trafik website.

4. Meningkatkan pendapatan

Tentunya salah satu fungsi lain dari clickbait adalah untuk meningkatkan pendapatan, terutama secara online. Transaksi yang dilakukan oleh audiens merupakan salah satu keberhasilan dengan ditandai closing yang tentunya meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang. Closing ini dapat berupa kegiatan jual beli dari hasil pembuatan konten yang meyakinkan dan memenuhi kebutuhan audiens.

 

Contoh Judul Clikbait

Beberapa contoh judul clickbait di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Judul berita

Biasanya judul yang clickbait banyak digunakan untuk artikel berita, tak terkecuali berita tentang selebriti.

2. Judul artikel

Judul artikel yang clickbait biasanya memiliki contoh pola sebagai berikut:

  • “X Cara yang Belum Kamu Ketahui..”
  • Jangan Pernah Lakukan X Hal Ini..”
  • Cara Cepat Hasilkan X…”
  • “X Tips Meningkatan Z, Tips Nomor 5 Mengejutkan!

3. Judul iklan

Clickbait juga sering digunakan pada judul-judul campaign marketing. 

Yang paling sering ditemukan adalah klaim yang berlebihan atau penawaran yang sangat menggiurkan padahal ada syarat & ketentuan tambahan.

Cara membuat judul clickbait yang benar

Berikut beberapa tips cara membuat judul clickbait yang benar.

1. Buat judul yang relevan dengan isi konten

Judul suatu konten menentukan keberhasilan apakah clickbait yang dibuat termasuk baik dan tidak merugikan audiens. Dalam penerapannya, judul yang menarik dan relevan dengan isi konten akan memberikan rasa puas bagi audiens. Audiens akan merasa bahwa informasi yang diberikan website tersebut dapat dipercaya dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat judul yang tetap relevan, tetapi cukup menarik untuk membuat audiens melakukan kunjungan atau klik.

2. Pahami emosi pembaca

Saat akan membuat judul konten, kamu dapat terlebih dahulu mempertimbangkan kondisi pembaca saat mencari suatu informasi di internet. Misalnya, ketika seseorang mencari informasi mengenai tutorial dan tidak tahu bagaimana cara memperbaiki suatu barang, kamu dapat membuat judul yang menarik dengan memanfaatkan keadaan tersebut. Namun demikian, informasi yang disajikan dalam konten harus memberikan solusi yang benar-benar dapat dibenarkan dan relevan.

3. Sisipkan angka dalam judul

Menambahkan angka dalam judul memiliki “kekuatan” tersendiri dalam membangun konten. Hal ini cukup menarik dan efektif menarik perhatian pembaca karena orang-orang menyukai hal yang pasti. Beberapa referensi juga menyebutkan bahwa menambahkan angka pada judul dapat meningkatkan skor SEO suatu artikel.

4. Gunakan kalimat yang logis

Tidak jarang dijumpai suatu judul artikel yang dibuat dengan maksud supaya clickbait, tetapi justru malah terkesan melebih-lebihkan. Bahkan, judul yang tidak masuk akal dapat membuat citra perusahaan menjadi buruk di mata audiens. Sebagai contoh “Ingin Menurunkan Berat Badan dalam 5 Hari? Begini Caranya!”.

5. Judul clickbait harus dapat dipertanggungjawabkan

Sebelum akhirnya mempublikasikan konten, sebaiknya periksa kembali judul yang telah dibuat dengan isi konten. Pastikan bahwa judul yang dibuat relevan dan tidak mengandung unsur yang merugikan pembaca. Judul clickbait memang ditujukan untuk meningkatkan klik dari pembaca. Namun demikian, relevansi konten sebaiknya tetap dijaga sehingga pembaca tidak kecewa.

 

Jika ingin menggunakan clickbait dalam judul, pastikan bahwa isinya benar-benar sesuai dengan apa yang dijanjikan.

Pasalnya, ada banyak hal yang dipertaruhkan jika kamu membuat judul clickbait dengan isi konten yang jauh berbeda.

 

 

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.