Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

7 Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial

December 26, 2022by Nirmala Syahru0
pinterest.com

Media sosial memberikan ruang kepada siapa saja untuk berekspresi, berbagi cerita, maupun berkomunikasi tanpa terbatas jarak dan waktu.

Di balik manfaatnya, siapa sangka dampak negatif media sosial pun mengintai, bahkan terkadang sering diabaikan atau tidak disadari.

Namun, kamu tetap harus waspada terhadap dampak negatif media sosial jika digunakan secara berlebihan. Yuk, ketahui apa saja dampak positif dan dampak negatif media sosial yang perlu kamu tahu!

 

7 Dampak negatif media sosial

Nah, inilah berbagai dampak negatif media sosial jika terlalu berlebihan penggunaannya.

1. Menurunkan kemampuan sosial

Sama seperti belajar, kemampuan sosial juga perlu diasah agar semakin berkembang.

Dampak negatif media sosial yang umum dirasakan adalah adalah berkurangnya kemampuan sosial. Misalnya, kurang berempati atau tidak tahu cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain.

Hal ini bisa terjadi karena Kamu akan lebih sering melakukan komunikasi lewat media sosial dibandingkan bertatap muka.

2. Cyberbullying

Sebelum media sosial, bullying adalah sesuatu yang hanya mungkin dilakukan secara tatap muka. Namun, sekarang orang dapat menggertak orang lain secara online, baik secara anonim atau tidak. Saat ini, semua orang tahu apa itu cyberbullying dan sebagian besar dari kita telah melihat apa yang dapat dilakukan terhadap seseorang.

Sementara media sosial memudahkan untuk bertemu orang baru dan berteman, namun dampak negatif media sosial juga memungkinkan orang untuk melakukan cyberbullying terhadap orang lain dengan sedikit usaha.

Dampak negatif media sosial cyberbullying ini sering meninggalkan luka mental yang dalam dan bahkan mendorong orang untuk melukai diri sendiri atau mengambil nyawa mereka sendiri, dalam beberapa kasus.

3. Bocornya informasi personal

Pasalnya, kurangnya pembatasan informasi dari pemakainya atau oversharing, terutama yang berkaitan dengan informasi pribadi, bisa saja kemudian memicu orang-orang tidak bertanggung jawab menyalahgunakannya.

Misalnya, Kamu kerap mengunggah nama sekolah, tempat tinggal, atau bahkan nomor telepon, dan data pribadi lain di media sosial. Informasi-informasi ini bisa dimanfaatkan untuk kejahatan seperti pencurian identitas.

4. Pola tidur tidak sehat

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penggunaan media sosial memiliki efek negatif pada kualitas tidur.

Jika kamu merasa pola tidurmu menjadi tidak teratur dan menyebabkan penurunan produktivitas, maka kamu bisa mencoba untuk mengurangi intensitas menjelajahi media sosial. Jangan biarkan algoritma media sosial yang memang dirancang untuk menarik perhatianmu selama mungkin, akhirnya jadi mencuri waktu tidurmu yang berharga.

5. Membandingkan diri dengan orang lain

Tidak semua orang yang memiliki kehidupan seindah yang terlihat di media sosial. Mereka, sama seperti Kamu dan banyak orang lainnya, juga memiliki masalah masing-masing, atau bisa jadi lebih buruk dari masalah yang Kamu hadapi. Hanya saja tidak ditampilkan di media sosial.

Jadi, Kamu tak perlu terpengaruh dengan indahnya hidup orang lain yang dipamerkan di media sosial. Fokuslah pada hal-hal yang Kamu miliki saat ini.

6. Mengurangi hubungan tatap muka

Istilah ‘mendekatkan yang jauh, tetapi menjauhkan yang dekat’ dapat menggambarkan dampak negatif media sosial.

Semakin sering Kamu berkutat dengan media sosial, semakin berkurang pula waktu Kamu untuk berbicara tatap muka dengan orang-orang terdekat Kamu.

7. Depresi dan kecemasan

Menggunakan media sosial terlalu sering hingga mengabaikan kehidupan sosial maupun interaksi dengan orang lain, dapat meningkatkan risiko gangguan mental seperti depresi dan kecemasan.

Pasalnya, setiap manusia membutuhkan interaksi sosial secara langsung untuk menjaga kesehatan mental secara keseluruhan. Berkomunikasi tatap muka dengan orang yang benar-benar peduli dengan Kamu tentu lebih efektif meningkatkan suasana hati.

 

Dampak positif dari media sosial

Apa saja dampak positif media sosial? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Media sosial memudahkan mencari teman

Salah satu dampak positif media sosial adalah memudahkan seseorang untuk mencari teman. Munculnya media sosial dan smartphone membantu menghubungkan orang dengan cara baru sebab sangat mungkin untuk memiliki ratusan teman di media sosial.

2. Media sosial menumbuhkan empati

Berbagi pengalaman, baik dan buruk, di media sosial dapat menumbuhkan empati penggunanya satu sama lain. Misalnya, seorang teman mungkin pernah mengalami cobaan serupa yang sedang kamu alami, sehingga mereka akan dapat membantu kamu melewatinya.

3. Media sosial memungkinkan komunikasi yang cepat

Salah satu dampak positif media sosial yang paling banyak dirasakan adalah menawarkan kesempatan untuk berkomunikasi dengan cara yang cepat dan efisien dibalik kesibukan yang menyita banyak waktu.

Beberapa orang tidak menyukai panggilan telepon dengan basa basi yang panjang sebab langsung to the point pada keperluan menelepon dianggap tidak sopan. Media sosial di sisi lain juga memudahkan untuk mengetahui bagaimana perkembangan seorang teman atau kerabat hanya melalui unggahan hariannya.

 

Cara mencegah dampak negatif media sosial

Berikut ini beberapa tips menghindarkan diri dan keluarga dari dampak media sosial:

  • Memberi batasan yang wajar terhadap penggunaan media sosial. Misalnya, menghindari main medsos sebelum tidur atau saat makan.
  • Mengurangi penggunaan media sosial dalam sehari. Misalnya, mulailah mengurangi penggunaan media sosial hingga 30 menit dalam sehari.
  • Mematikan notifikasi media sosial untuk menghindari Kamu dari kebiasaan cek ponsel setiap saat.
  • Cobalah untuk fokus pada hal yang Kamu lakukan, hindari mengakses sosial media karena kebiasaan atau hanya bosan menghabiskan waktu luang.
  • Cobalah menghabiskan sebagian besar waktu Kamu bersama teman atau orang terdekat.
  • Pikirkan dan pertimbangkan kembali sebelum mengunggah sesuatu di sosial media serta hindari untuk mengunggah lokasi serta identitas pribadi.
  • Cobalah melihat sisi positif dari diri Kamu, berterima kasih pada diri sendiri dan hal-hal yang telah kamu miliki.

 

Itulah beberapa ulasan mengenai dampak positif dan dampak negatif media sosial jika digunakan secara berlebihan. Setelah mengetahui dampak negatif media sosial di atas, semoga kamu bisa lebih bijaksana dalam menggunakannya, ya!

 

 

Sumber 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.