Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Kenali Fakta Menarik Seputar Karyawan Magang, Freelance, Kontrak dan Tetap

October 29, 2022by adminsampulkreativ0
rawpixel-983726-unsplash-1-2800x1867

Hi sobat Kreativ!

Kali ini Admin akan membagikan beberapa fakta menarik seputar karyawan magang, freelance, kontrak dan tetap agar soba Kreativ tidak pusing lagi untuk memutuskan bekerja di salah satu perusahaan. Karena masing-masing sebutan bagi karyawan tadi memiliki hak dan kewajiban yang berbada. Apa saja itu, simak ulasannya di bawah ini:

Karyawan Magang

Intership Worker

Sumber: https://64.media.tumblr.com

Umumnya karyawan magang merupakan mayoritas dari anak-anak muda yang baru lulus dari SMK atau Universitas (Fresh graduate). Biasanya mereka masih memiliki semangat tinggi dan antusiasme yang baik terhadap pekerjaan.

Sehingga diharapkan anak-anak magang yang mayoritas berumur muda dapat memberikan inovasi kreatif dan etos kerja yang baik untuk mendorong produktivitas sebuah perusahaan.

Aturan mengenai karyawan magang sudah diatur oleh permenaker tahun 2020, dimana terdapat beberapa ketentuan bagi seseorang dapat dikatakan sebagai karyawan magang, diantaranya:

  1. Karyawan magang di suatu perusahaan tidak boleh lebih dari 20% dari total jumlah karyawan
  2. Komposisi teori dan praktek yang diberikan kepada karyawan magang adalah maksimal 25% dan 75%
  3. Durasi kerja karyawan magang tidak boleh lebih dari satu tahun masa kerja
  4. Jam kerja karyawan magang adalah sama dengan karyawan lainnya
  5. Mendapatkan uang saku dan atau uang transportasi sebagai upah
  6. Mendapatkan penghargaan berupa nilai akhir atau sertifikat pemagangan apabila telah dinyatakan lulus

Karyawan Freelance (Lepas)

Sumber: https://i.pinimg.com

Karyawan freelance umunya bekerja secara jarak jauh (remote working) dan jarang datang ke kantor kecuali apabila diperlukan. Sehingga perusahaan hanya dapat menerima hasil pekerjaan saat sudah selesai tanpa bisa mengawasi langsung si pekerja.

Umunya perusahaan mencari atau mempekerjakan karyawan freelance untuk kebutuhan proyek yang bersifat terbatas dan tidak membutuhkan waktu yang panjang.

Akibatnya, untuk menjadi karyawan freelance terpilih, diperlukan kemampuan dan kualitas kerja diatas rata-rata guna memenuhi ekspektasi perusahaan yang mempekerjakannya secara singkat.

Mengingat sifat mereka yang bekerja lepas, pekerja freelance bisa jadi ikut dalam satu proyek perusahaan namun tidak ikut dalam proyek berikutnya.

Sebenarnya istilah karyawan freelance atau karyawan lepas ini sudah umum diketahui oleh masyarakat dengan istilah pekerja serabutan, namun istilah karyawan serabutan lebih cenderung berkonotasi negatif ketimbang karyawan freelance atau lepas.

Karyawan Kontrak

Sumber: https://i.pinimg.com

Sesuai namanya, masa kerja pekerja kontrak hanya terjadi pada jangka waktu tertentu. Biasanya mulai dari 3 bulan sampai dengan 2 tahun. Perbedaan yang paling mencolok dengan tipe pekerja lainnya adalah adanya surat perjanjian kontrak kerja yang mencantumkan durasi waktu bekerja secara jelas dan menerima hak yang sama dengan karyawan tetap. Karenanya upah yang diterima oleh karyawan kontrak kurang lebih sama dengan nilai upah minimun daerah.

Karyawan kontrak biasanya dipersiapkan untuk pekerjaan musiman, pekerjaan yang sekiranya bisa selesai dalam kurun waktu minimal tiga bulan atau pekerjaan yang berhubungan dengan promosi keluarnya produk baru dan sebagainya.

Jika karyawan kontrak ingin mengundurkan diri, maka dia harus membayar pinalti berupa sejumlah gaji selama periode tertentu.

Karyawan Tetap

Sumber: https://toggl.com/

Secara singkat, karyawan tetap adalah mereka yang dipekerjakan dengan tanpa adanya batasan atau jangka waktu. Ketika dihadapkan dengan PHK, karyawan tetap akan mendapatkan pesangon dari perusahaan dan pengantian cuti yang dapat dicairkan, selain itu ada pula uang penghargaan apabila karyawan telah menjadi pegawai dari perusahaan lebih dari 3 tahun.

Untuk karyawan tetap terdapat perjanjian kerja yang disebuth dengan surat perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu, hal ini disebabkan karena pagawai tetap bisa bekerja di perusahaan tersebut tanpa batas waktu kecuali ia ingin mengundurkan diri sehingga waktunya menjadi tidak menentu.

Pegawai tetap memiliki masa kerja yang lebih lama, bisa lima hingga sepuluh tahun setelah diangkat menjadi karyawan tetap atau bisa saja lebih. Sedangkan untuk masalah gaji atau tunjangan karyawan tetap sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tipe karyawan kontrak yaitu menyesuaikan UMR, akan tetapi tidak dipungkiri pula bahwa umunya pegawai tetap bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari pada UMR.

Demikianlah bahasan singkat mengenai perbedaan tipe pekerja magang, freelance, kontrak dan tetap sobat Kreativ. Jadi apakah kamu lebih memilih tipe pekerjaan mana?

Sebenarnya apapun pilihan tipe pekerja kamu yang terpenting adalah terus meningkatkan kualitas kerja agar kelas bisa mencapai kesuksesan. Semangat ya sobat Kreativ!

Referensi:

https://www.mas-software.com/blog/karyawan-magang-adalah#0-pengertian-magang-

https://www.parapuan.co/read/532599859/jangan-keliru-kenali-bedanya-magang-freelance-dan-pekerja-kontrak?page=3

https://app.kinobi.asia/blog/ragam-tipe-pekerjaan

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4874295/kenali-apa-beda-pegawai-tetap-dan-kontrak-serta-kelebihan-dan-kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.