Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Kenapa produk Apple mahal? Cari tahu alasannya

October 29, 2022by adminsampulkreativ0

Sumber: https://www.pexels.com/

Hi sobat Kreativ!

Apakah kamu yang kepingin ganti HP atau Laptop dengan produk Apple, tapi masih kebinggungan kenapa produk Apple terbilang mahal dibandingkan pesaingnya. Kebetulan banget kamu nemuin blog ini, disini Admin bakalan ceritain kenapa produk Apple mahal-mahal dan alasan-alasannya.  Pada dasarnya alasan tersembunyi produk Apple mahal sangat sederhana, namun kerap tersembunya dari pandangan kebanyakan orang pada umunya, apakah itu baca sampai habis ya?

Produk Apple lebih mengutamakan kualitas

Ketika Apple meluncurkan produknya, perangkat ini detetapkan untuk mejadi produk premium dan tidak kompromi dari segi kualitas, sehingga membuat Apple mau tidak mau harus menningikan biaya penjualan guna menekan biaya produksi.
Komponen produk Apple menjadi yang terdepan di kelasnya, tahan lama, dan kuat sehingga cukup awet dan dicintai oleh pelanggan. Firma IHS iSuppli telah menganalisa beberapa harga komponen yang digunakan di dalam produk Apple secara rinci, hampir setiap komponen yang terdapat di dalam produknya lebih mahal dari pada satu unit moto G. Bila dibandingkan yaitu $200 dengan $110 untuk setiap biaya produksinya.

Software dan Hardware yang Dikembangkan Secara Khusus

Salah satu penyebab utama produk Apple terlalu mahal ialah karena Apple menggunakan software dan hardware secara khusus. Tidak seperti kompetitor lainnya yang memproduksi handset yang dipersonalisasi sendiri tetapi memprogram sistem operasi Google seperti Android. Apple justru mengintegrasikan iOS-nya sendiri untuk melengkapi perangkat keras pada teknologinya yang dikembangkan dengan cara terbaik.

Ekosistem Apple

Ketika kamu membeli produk Apple, kamu benar-benar membeli ekosistem Apple yang memungkinkan akses ke lebih dari satu juta aplikasi dan produk lainnya.

Di atas semua itu, ada platform iOS dan pembaruan perangkat yang memberikan peningkatan secara berkala yang disertakan. Biaya pengembangan untuk semua elemen ekosistem ini, terutama untuk iOS, kemudian diurai menjadi harga eceran untuk tiap unit perangkat. Penghitungan harga aktual untuk ekosistem premium tersebut cukup sulit didapat.

Faktor Apple-nomics

Pasokan produk Apple relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan produk pesaing lainnya, karena Apple menikmati popularitas luar biasa. Permintaan sangat tinggi tapi jumlah stok yang tersedia di pasaran cukup sedikit. Hukum ekonomi mengatakan ketersediaan barang yang terbatas ditambah permintaan cukup besar sama dengan penetapan harga tinggi. Sehinggia inilah yang menyebabkan naiknya harga produk Apple.

Penelitian dan Pengembangan

Butuh banyak waktu untuk melakukan penelitian dan pengembangan setiap tahunnya terhadap produk Apple. Selain itu juga desain kemajuan teknologi di perangkatnya, sekaligus untuk menyediakan fitur terbaik yang belum dilakukan oleh merek yang lain. Berbeda dengan brand yang lain, dimana mereka kebanyakan hanya membuat replika milik Apple di pasaran.

Optimasi Layanan dan Sinkronisasi

Ini menjadi faktor yang paling penting bahwa Apple telah merancang produk mereka sedemikian rupa. Sehingga, kompatibilitas hardware di dalam perangkat mereka  mampu mengakomodir software iOS yang diinstall.

Berbeda dengan perangkat yang lain ketika diperhatikan kelambatan dan kerusakan kerap terjadi setelah pengguna memperbarui perangkatnya. Hingga, membuat perangkat memiliki kinerja yang lebih lambat.

Koordinasi yang mulus dari perangkat Apple ke perangkat lainnya seperti iPad dan Mac buatan Apple yang lain. Kegiatan sinkronisasi foto, mengirim pesan teks, dan bahkan menjawab panggilan bisa dilakukan dengan menggunakam produk Apple Anda. Produk Apple mendukung handoff yang membuatnya lancar untuk mulai melakukan sesuatu yang kemudian diteruskan di iPad ataupun Mac Book.

Costumer Service

Apple memang memiliki layanan pelanggan terbaik di pasar. Mereka akan segera mengganti perangkat iPhone Kamu meskipun hanya terjadi masalah kecil di perangkat tersebut. Dalam hal teknologi dan perangkat, garansi menjadi tanda tanya besar dan faktor yang mempengaruhi pilihan para pengguna.

Produk Apple dilengkapi dengan garansi tambahan selama 2 tahun untuk kerusakan yang tidak disengaja dan bisa diklaim melalui AppleCare +. Layanan klaim ini pun dinilai sangat responsif ketimbang layanan pelanggan dari kompetitornya. Selain itu, layanan dari AppleCare + ini merupakan layanan berbayar sehingga tentu ada harganya.

Pengawasan Ketat pada Aplikasi

Aplikasi yang tersedia di App Store, memiliki unggahan awal sekitar 4 sampai 5 penghalang persetujuan aplikasi.

Pada tahap ini, pengawasan dilakukan dengan seksama untuk memastikan kelancaran aplikasi. Disamping itu, aplikasi dan app store yang ada pada produk Apple merupakan platform pertama di mana sebagian besar pengembang meluncurkan aplikasi mereka sebelum ke tempat lain. Pada gilirannya, ini berkontribusi pada tingginya harga produk Apple.

Loyalitas pada Brand

Sebagai sebuah perusahaan, Apple berhasil menciptakan loyalitas pada brand atau merek cukup ekstrem. Hal ini, menyebabkan jumlah permintaan perangkat Apple menjadi tidak elastis. Permintaan pelanggan justru tidak menunjukan adanya penurunan, bahkan dengan harga yang meningkat secara signifikan.

Karena hal itu juga, Apple mampu mempertahankan volume penjualannya secara memadai untuk mendorong keuntungan yang meningkat. Hal inilah yang tak dimiliki oleh para kompetitor lainnya yang lebih bersaing soal harga dan spesifikasi tinggi namun mengabaikan kekuatan brand. Meski terlihat klise, namun kekuatan brand inilah yang menjadikan Apple selalu ditunggu kehadiran produk-produk dan inovasi barunya.

Keamanan

Apple memiliki kendali atas software dan hardware-nya sendiri dan mencoba membuatnya menjadi perangkat yang paling aman.

Jadi iulah alasan-alasannya mengapa produk Apple mahal. Semoga sobat Kreativ bisa lebih bijak dalam memilih produk ya.

Referensi:

Mengapa iPhone Lebih Mahal Daripada Android?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.