Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Mengenal Apa itu LiteSpeed Web Server dan Manfaatnya

January 24, 2023by Nirmala Syahru0

LiteSpeed saat ini menjadi web server yang cukup dipertimbangkan menjadi komponen untuk membangun situs web. Kinerja yang handal dan fitur-fitur LiteSpeed yang lengkap membuatnya dapat bersaing dengan Apache yang sudah hampir digunakan lebih dari 4 juta pengguna.

LiteSpeed Web Server dikembangkan oleh LiteSpeed Technologies milik pribadi. Software ini “Apache drop-in replacement”, artinya menggunakan konfigurasi yang sama dengan Apache Web Server. Ini sangat memudahkan kamu jika ingin beralih dari Apache ke LiteSpeed.

Apa itu LiteSpeed Web Server ?

LiteSpeed Web Server (LSWS) rilis tahun 2003, yang dikembangkan oleh LiteSpeed Technologies. Pada tahun 2008 menjadi Web Server paling populer diurutan 16. Saat ini LiteSpeed Web Server menjadi Web Server paling populer dengan urutan nomor 4.

LiteSpeed Web Server adalah web server yang mempunyai kinerja tinggi yang dikelola oleh teknologi LiteSpeed.

Teknologi ini dapat menggantikan Apache Web Server tanpa harus mengubah konfigurasi, program, atau detail sistem operasi yang sudah ada, bahkan tanpa harus merusak apapun.

Fitur LiteSpeed Web Server

 

1. Apache Drop-in Replacement

LiteSpeed Web Server memakai konfigurasi yang sama dengan Apache Web Server. Sehingga saat kamu beralih dari Apache ke LiteSpeed tidak ada konfigurasi yang perlu ditambah atau dikurangi. Cukup 15 menit waktu yang dibutuhan untuk melakukan peralihan Web Server ini.

2. Control Panel Compatible

LiteSPeed Web Server cocok untuk beberapa kontrol panel, seperti cPanel, Plesk, DirectAdmin.

3. CloudLinux Integration

LiteSpeed juga cocok dengan CloudLinux OS, dengan fitur-fitur LVE, CageFS, dan aplikasi ekternal PHP/Ruby/Python/Node.js dan lainya.

4. Zero Downtime Server Management

LiteSpeed mengklaim restart dan perubahan konfigurasi dengan lancar, dengan nol downtime.

5. Fastest PHP Available

LSPHP dengan suEXEC. Membandingkan waktu respon server dengan permintaan skrip PHP kecil, LiteSpeed sangat unggul dengan Web Server yang lain.

6. LiteSpeed LSAPI

LiteSpeed Server Application Programming Interface (LSAPI) dirancang untuk komunikasi yang optimal antara LiteSpeed Web Server dengan aplikasi web pihak ketiga. Menggunakan LSAPI berarti memberikan kinerja 50% lebih baik. LSAPI adalah open source. Saat ini dirancang bahasa skrip pihak ketiga, seperti PHP, Ruby, Python.

Manfaat LiteSpeed untuk Pengembangan Website

 

Berikut ini beberapa manfaat LiteSpeed untuk pengembangan situs web :

  • Mempercepat Performa Website

Adanya beberapa fitur seperti gzip compressionconcurrent connections, arsitektur event-driven yang dikembangkan oleh LiteSpeed membuat web server ini dapat bekerja lebih cepat dibandingkan dengan web server lain seperti Apache.

Kompresi gzip berguna untuk mengecilkan ukuran file sebelum dikirimkan ke browser. Jika tidak menggunakan fitur ini, maka file yang berukuran besar akan dikirimkan ke browser apa adanya tanpa melewati proses kompresi dulu. Ini tentu saja akan akan membutuhkan waktu yang lama, apalagi dengan bandwidth yang terbatas.

Sedangkan concurrent connections dan arsitektur event-driven membantu LiteSpeed dalam pengelolaan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat berjalan maksimal dan efektif.

  • Mengamankan Website

LiteSpeed mengembangkan proteksi sistem keamanan terhadap DDOS menggunakan pembatasan bandwidth. Pada LiteSpeed, IP yang menggunakan terlalu banyak koneksi dan permintaan atau meminta terlalu banyak bandwidth diblokir, menghentikan penyerang sebelum masuk ke dalam sistem server.

Selain itu LiteSpeed juga mengamankan  wp-login.php dari serangan brute force menggunakan sistem proteksi yang sudah dibangun di dalam WordPress. LiteSpeed mengamankan WordPress dari serangan brute force yang cukup masih yang biasanya menyerang wp-login.php atau halaman xmlrpc.php melalui POST.

Perbandingan LiteSpeed vs Apache

 

Bagaimana perbandingan LiteSpeed vs Apache? Coba kita bahas pada bagian ini.

  • LiteSpeed Web Server

LiteSpeed mengenalkan diri sebagai web server yang dapat membaca file konfigurasi Apache. Sehingga pengguna Apache tidak perlu melakukan konfigurasi ulang jika ingin menggunakan LiteSpeed. LiteSpeed mengklaim bahwa satu LiteSpeed Web Server mampu menangani data yang jika menggunakan Apache membutuhkan dua server.

  • Apache Web Server

Apache dikenalkan sejak tahun 1995 untuk pengembangan situs web. Sejak saat itu Apache menjadi web server yang cukup populer berkat bantuan para pengembang situs web. Apache sukses menjadi web server yang stabil dan aman. Dapat dikatakan juga bahwa Apache menjadi web server paling fleksibel dan serbaguna karena kemampuannya untuk memuat komponen.

  • LiteSpeed Vs Apache

Kelebihan dari LiteSpeed Web Server adalah kemampuannya untuk menangani trafik yang sangat tinggi dibandingkan dengan Apache. Selain itu LiteSpeed didesain untuk menangani DDOS seperti yang sudah dibahas di bagian atas.

Diambil dari situs itu juga bahwa, LiteSpeed mempunyai keunggulan di beberapa bagian dibandingkan Apache. Berikut beberapa alasannya :

  • LiteSpeed dapat berjalan 6 kali lebih cepat dibandingkan dengan Apache dan tiga kali lebih cepat dari Apache pada bagian SSL.
  • Menggunakan LiteMage Cache, LiteSpeed dapat membuat halaman Magneto dapat berjalan sampai dengan 75x lebih cepat.
  • LiteSpeed dapat meningkatkan performa PHP sebesar 50%.

 

LiteSpeed menjadi Web Server yang handal dengan keefisiannya mengolah permintaan koneksi dari client ke server website, dengan berbagai acceleration yang ada, dan keamanan yang cukup handal untuk menangani serangan.

 

 

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.