Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Penasaran kenapa Google Langgeng? Baca Faktanya!

October 30, 2022by adminsampulkreativ0

Hai sobat Kreativ!

Kamu penasaran ngak dengan Google yang semakin hari semakin sukses saja mempengaruhi kehidupan manusia untuk terus menggunakannya dalam kehidupan? Sebenarnya apa yang membuat Google bisa langgeng dan berjaya daripada pesaing-pesaingnya seperti Yahoo dan Bing sampai sekarang? Yuk baca artikel ini untuk mengetahui jawabannya dan bisa memperluas wawasanmu mengenai teknologi.

Google dapat bertahan dan tidak mudah jatuh, karena memiliki ekosistem yang dibangun secara kuat. Yahoo, Bing dan para pesaingnya yang lain mudah jatuh karena tidak memiliki ekosistem. Sebesar apapun perusahaan kalau ekosistemnya lemah maka dia akan mudah jatuh, contohnya Microsoft dengan produknya Windows Phone, Nokia dengan produknya Handphone, Blackberry juga hanya mengandalkan segelintir produk buatannya saja dan Yahoo dengan produk utamanya yaitu E-Mail. Walaupun mereka sudah bergonta-ganti model bisnis bahkan dibeli oleh pihak lain, mereka tetap saja jatuh.

Jika satu ekosistem gagal atau kalah saing maka tidak akan banyak berimbas pada pemasukan. Masih banyak ekosistem lain yang bisa menghasilkan uang. Itulah alasan Google membuat Android supaya di dalamnya bisa dipasang ekosistem penghasil uang. Selain di Android, ekosistem Google bisa diakses lewat OS lain seperti Windows, Linux, Mac. Sehingga iklan sebagai pemasukan utama Google bisa disebar di banyak ekosistem dan banyak platform.

Bahkan jika Android hancur tidak disukai orang dan tidak diminati lagi, Google sejatinya tidak akan hancur. Karena ekosistemnya bisa jalan multiplatform. Faktanya masih banyak orang memakai ekosistem Google di OS mereka sendiri.

Ekosistem Google diatas masih sebagian dari keseluruhan ekosistem produk Google. Sementara Google ini “cuma” anak perusahaan Alphabet.Inc. Belum bicara hardware buatan Google. Dan Alphabet.Inc sebagai induk usaha masih punya ekosistem lain dan anak usaha yang nantinya ikut berkontribusi mendukung kegiatan usaha Google. Jadi sangat sulit untuk memprediksi kejatuhan Google dan juga Alphabet.Inc

Tapi bukan berarti Google dan Alphabet.Inc tidak bisa jatuh. Mungkin suatu saat nanti bisa jatuh jika ada perusahaan pesaing yang membuat ekosistem serupa yang lebih lengkap dan lebih bagus sehingga semua ekosistem milik Google perlahan ditinggalkan sehingga pemasukan iklan tidak bisa lagi untuk menutupi biaya operasional perusahaan. Dan anak usaha Alphabet.Inc lain juga tidak bisa lagi membantu Google.

Melihat ekosistem Alphabet.Inc yang begitu kompleks, tidak dapat disamakan dengan pesaing-persaingnya yang model bisnisnya sangat tidak terarah dengan benar.

Referensi:

https://about.google/products/

https://id.quora.com/topic/Tren-Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.