Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Kenali Perbedaan Interview HRD dan Interview User

October 31, 2022by Nirmala Syahru0

 

Interview HRD dan User memang sama-sama tahapan wawancara dalam seleksi kerja, tapi keduanya berbeda loh. Penasaran nggak sih apa saja perbedaannya? Mana yang terlebih dahulu dilakukan? Siapa user itu? Agar tahu perbedaanya, simak ulasan berikut yuk !

Dalam proses seleksi kerja, salah satu tahapan yang tidak akan dilewatkan perekrut adalah tahap interview atau wawancara. Melalui tahap penting ini, perekrut akan menilai karakter dan kemampuan kamu untuk bekerja bersama di perusahaan mereka. Dengan mengenali perbedaan interview HRD dan user, kamu jadi lebih siap dalam menghadapi prosesnya. Proses interview sendiri adalah salah satu penentu, apakah kamu diterima atau tidak di posisi yang kamu incar. Mari kita simak langsung ulasan seputar perbedaan interview user dan HRD berikut ini!

Pengertian Interview HRD dan User

Sumber : https://id.pinterest.com/pin/544654148699288103/

Interview HRD adalah tahapan wawancara antara kandidat dengan HRD, yang dilakukan secara daring ataupun secara langsung.

Sementara itu, Interview user adalah tahap wawancara yang dilakukan oleh atasan pada kandidat karyawan secara langsung. Tahapan ini dilaksanakan jika kamu sudah lolos dalam tahapan interview HRD.

Perbedaan Interview HRD dan User

Sumber : https://id.pinterest.com/pin/7248049389820532/

Berikut beberapa perbedaan interview HRD dan user yang perlu kamu pahami.

1. Pihak yang Melakukan Wawancara

Untuk interview HRD, sesuai namanya, wawancara ini dilaksanakan oleh seorang HR.

Sedangkan interview user dilaksanakan oleh user, yang dapat beragam jumlahnya, karena komposisi manajerial setiap perusahaan bervariasi.

2. Waktu Wawancara

Biasanya, interview HRD dilakukan setelah kandidat melewati tahapan screening awal.

Tidak hanya itu, kadang pelamar juga harus melewati psikotes sebelum melalui tahap wawancara. Psikotes ini bertujuan agar pihak perusahaan mengetahui kepribadian dan sikap pelamar.

Sedangkan interview user adalah tahapan wawancara terakhir. Dengan kata lain, kamu adalah kandidat yang dipertimbangkan secara serius oleh pihak perusahaan, apabila kamu sudah masuk ke tahapan ini.

3. Tujuan Wawancara

Interview user bertujuan untuk melihat kecocokan antara pelamar dan user. Sebab, nantinya dalam bekerja keduanya akan selalu saling terhubung. Selain itu, interview ini juga bertujuan untuk melihat potensi calon karyawan agar perusahaan memperoleh SDM (Sumber Daya Manusia) sesuai kebutuhan.

Sementara itu, interview HRD bertujuan untuk menilai calon karyawan dengan mempertimbangkan sisi psikologis, kepribadian, kesehatan, dan kedisiplinan.

4. Cara Menilai Potensi Calon Karyawan

Dalam wawancara user, pertanyaan interview akan seputar hal teknis terkait deskripsi pekerjaan. Melalui pertanyaan tersebut, user akan menggali potensi calon karyawan berdasarkan jawaban yang disampaikan. Selain itu, user juga memperoleh gambaran terkait kemampuan yang dimiliki.

Sedangkan dalam interview HRD, akan diperoleh gambaran tentang kemampuan pelamar dari sisi psikologis. Sebab, mengetahui emosi dan sikap pelamar di awal sangatlah penting. Selain itu, dengan mengetahui karakter calon karyawan HRD dapat memberikan masukan jika suatu hari terjadi konflik dengan rekan kerja atau atasan.

5. Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan

Untuk interview HRD, kamu perlu menyiapkan diri dengan menguasai isi resume dan CV-mu. Pastikan jawabanmu konsisten dan sesuai. Kamu juga harus mempelajari perusahaan dan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Selain itu, untuk interview user, pastikan kamu menyiapkan pengetahuan teknis secara mendalam.

 

Nah sekarang Teman Kreativ sudah tahu, kan, perbedaaan interview HRD dan User? Semoga pembahasan kali ini dapat membantu kamu untuk mempersiapkan wawancara kerja. Tetap semangat dan terus berdoa para Jobseeker!

 

 

Baca juga : Program PKL Sampul Kreativ Technology 2022-2023 untuk Siswa/Mahasiswa Kembali Dibuka, Yuk Simak Syaratnya

 

 

Sumber 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.