Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

8 Rekomendasi PHP Editor Terbaik 2023

January 12, 2023by Nirmala Syahru0

Ketika mengelola website, kesalahan mengedit file PHP bisa berakibat fatal. Bisa-bisa website jadi tidak dapat diakses. Itulah alasan banyak web developer mengandalkan PHP editor agar coding yang dilakukan benar.

Untuk dapat menulis kode PHP berkualitas tinggi, kamu tentunya akan memerlukan editor PHP berkualitas tinggi yang paling sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan alur kerja pemrograman kamu. Ada banyak opsi yang tersedia di luar sana yang datang menawarkan klaim dan dukungan tersendiri yang bisa kamu coba.

Mengenal Apa Itu PHP Editor

Editor PHP terbaik hadir dengan beberapa fungsi tambahan yang membantu kamu menulis dan mengedit kode PHP, memahami struktur file dan proyek kamu dengan lebih sedikit kesalahan. Misalnya, jeda baris, indentasi, pelengkapan otomatis, tampilan berbeda dan mode pengeditan, penyelesaian kode, fungsi pencarian dan perbandingan, dan petunjuk kode pintar adalah fitur-fitur tersebut.

8 Rekomendasi PHP Editor Terbaik

Daftar berikut ini meliputi beberapa IDE dan code editor yang mendukung bahasa pemrograman PHP.

 

1. PHP Storm

PHP Storm merupakan PHP IDE (integrated development environment) buatan JetBrain.

Beberapa fitur utama PHP Storm antara lain:

  • Code completion. Dengan fitur ini kamu akan terbantu ketika sedang mengetikkan class, method, nama variabel dan PHP keyword karena akan dilengkapi secara otomatis.
  • PHP Code Sniffer & Mess Detector. Fitur ini akan membantu kamu mengetahui adanya kesalahan ketika sedang mengedit sebuah file sehingga bisa segera diperbaiki.
  • Easy Code Navigation and Search. Dengan adanya pencarian cepat untuk menemukan class, method atau field di dalam kode kamu, pekerjaan coding kamu akan lebih efisien.

Kamu bisa menggunakan PHP editor ini secara trial 30 hari. Selanjutnya, kamu harus membeli lisensi sebesar $199/tahun untuk versi reguler atau $649/tahun untuk All Products Pack.

2. phpDesigner 8

phpDesigner 8 merupakan aplikasi untuk para web developer dengan built-in editor yang lengkap termasuk HTML5, CSS3, JavaScript dan PHP editor.

Dari sisi fitur, phpDesigner 8 mengandalkan beberapa keunggulan lain sebagai berikut:

  • Code Insight dengan OOP Support yang menjadikan aktivitas coding kamu jadi lebih cepat.
  • Syntax Highliter yang memudahkan kamu mengetahui kode yang sedang dikerjakan.
  • PHP Debugging yang akan membantu kamu menganalisa adanya error pada kode yang sedang kamu kerjakan.

phpDesigner memperbolehkan kamu mencoba gratis selama 30 hari. Jika menyukainya, kamu bisa membeli lisensi Personal 2-in-1 seharga $42.

3. Visual Studio Code

Salah satu fitur yang diandalkan oleh Visual Code Studio adalah InteliSense. Fitur ini memudahkan kamu mengetahui kode yang sedang dikerjakan berkat syntax highlighting yang sekaligus mendukung smart completion untuk berbagai variable, function, dan modul.

4. Zend Studio

PHP editor ini memiliki berbagai keunggulan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai editor utama kamu.

  • Code Editor yang dilengkapi dengan code assist, refactoring dan realtime error analysis.
  • PHP Profiler yang akan membantu kamu mengetahui adanya kendala performa dan memperbaikinya dengan cepat.
  • Source Control Integration yang akan memudahkan kamu dalam bekerja dengan CVSSVN, Git dan GitHub untuk berkolaborasi dengan tim developer lain.

Selain itu, Zend Studio juga mendukung banyak PHP framework seperti LaravelSympony, dan Zend Framework sendiri.

Zend Studio menyediakan versi trial 30 hari jika kamu ingin mencobanya. Jika sesuai dengan kebutuhan kamu, Zend Studio Personal bisa menjadi pilihan yang bisa dibeli seharga $89.

5. Komodo IDE

Seperti halnya PHP editor lain, Komodo IDE siap digunakan dengan berbagai framework PHP seperti Laravel dan Zend. Aplikasi edit PHP ini juga mendukung semua sistem operasi.

Beberapa fitur Komodo IDE yang bisa membantu pekerjaan kamu antara lain:

  • Track Changes memungkinkan kamu mengembalikan file ke kondisi semula sebelum diedit (revert). Hal ini bisa juga diterapkan pada Git, di mana fitur akan menggunakan commit terakhir kamu.
  • Splitview akan sangat membantu kamu yang suka mengerjakan beberapa task secara bersamaan (multitasking). Baik dalam satu tampilan atau menggunakan multiple windows.
  • Multiple Selection dapat membantu kecepatan kerja kamu karena beberapa perubahan bisa dilakukan sekaligus sesuai yang kamu tentukan.

6. NetBeans

NetBeans PHP IDE adalah aplikasi edit PHP yang dikembangkan oleh Apache Software Foundation.

Lalu, apa saja fitur yang dimiliki oleh NetBeans PHP editor?

  • Code Templates. Dengan fitur ini kamu bisa menyiapkan sebuah file sebagai template. Jadi, ketika mengerjakan task yang hampir sama, tidak perlu membuat dari awal.
  • Smart Code Completion. Meskipun fitur untuk melengkapi kode yang sedang dikerjakan juga dimiliki oleh aplikasi lain, setidaknya mendapatkannya dari IDE gratis tentu sebuah keuntungan.
  • Code Folding. kamu bisa lebih fokus ketika melakukan coding karena fitur ini akan membantu kamu menyembunyikan block of code yang kamu inginkan.

NetBeans PHP editor juga telah terintegrasi baik dengan fitur dari bahasa pemrograman lain seperti HTML, CSS dan JavaScript.

7. Notepad++

Apa saja plugin yang bermanfaat untuk kamu?

  • Multiclipboard. Kamu tak perlu lagi repot melakukan copas kode yang kamu ingin gunakan. Cukup memilih kode tersebut dari window yang akan muncul di sisi kiri Notepad++.
  • Auto Indent. Jika kamu termasuk yang kurang rapi dalam melakukan indentasi kode pemrograman, plugin ini layak kamu coba.
  • SnippetExecutor. Kamu dapat meng-compile snippets dan menggunakannya dengan mudah ketika membutuhkannya saat sedang bekerja.

8. Coda

Apa saja keunggulan lain PHP editor ini?

  • Vertical Indentation Guides. Fitur ini akan sangat membantu kamu mengetikan kode dengan penggunaan indentasi yang tepat.
  • Panic Sync. Kamu tak perlu khawatir saat akan melakukan sinkronisasi website yang kamu kelola. Sebab, semua dapat dilakukan dengan keamanan yang tinggi dengan data yang terenkripsi.
  • Easy Customization. Bangunlah sebuah environment kerja yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Mulai dari tema yang menarik hingga pilihan berbagai plugin pendukung seperti PHP validation dan codesniffer.

Untuk menggunakan Coda, kamu perlu membelinya seharga $99.

 

Pemrogram dan pengembang memiliki banyak opsi alat bantuan yang dapat mereka gunakan untuk membuat pekerjaan mereka lebih efektif dan efisien. Namun hal yang terpenting bagi pengembang PHP dan semua jenis pengembang web adalah memiliki editor yang solid.

Ini karena selain membuat pekerjaan lebih mudah, juga dapat meringkas waktu dan efisiensi. Selain dapat memilih salah satu PHP Editor diatas, kamu juga dapat menginstal lebih dari satu editor untuk berbagai jenis proyek.

 

 

Sumber  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.