Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Simak! Penjelasan Mengenai Web Developer

November 9, 2022by Nirmala Syahru0
eLearning - Academic Course

Web developer merupakan pekerjaan yang tersohor belakangan ini. Iming-iming gaji yang tinggi serta lingkungan kerja yang fleksibel membuat banyak anak muda ingin bekerja di bidang ini.

Apa itu Web Developer ?

Web developer adalah orang yang bertugas membuat dan mengembangkan website, atau istilah lainnya web development.

Secara garis besar, tanggung jawab web developer adalah menghasilkan sebuah website atau aplikasi, seperti tombol menu, kotak pencarian, dan sebagainya. Selain itu, mereka juga memastikan performa website optimal.

Meski begitu, peran web developer juga tergantung skill yang dimiliki. Ini dia jenis-jenis web developer:

  • Back-end developer : web developer yang pekerjaannya berkaitan dengan server.  Mereka bertanggung jawab memastikan agar website selalu cepat, aman, dan berfungsi sesuai tujuan penggunaannya.
  • Front-end developer : mendesain antarmuka website. Tujuannya, agar website memiliki tampilan yang baik dan fitur-fitur yang mudah digunakan pengunjung.
  • Full-stack developer : web developer yang melakukan pekerjaan front end dan back end sekaligus. Full-stack developer harus mampu membuat tampilan dan fitur website, sembari mengoptimalkan kecepatan dan keamanannya dari sisi server.

Deskripsi Pekerjaan Web Developer

 

1. Membuat rencana pembuatan situs

Rencana pembuatan situs dibangun untuk mengetahui apa saja instruksi yang ada di dalamnya. Rencana yang sudah dibuat akan diserahkan kepada seluruh orang dalam tim.

2. Membuat situs

Secara khusus, tugas mereka disesuaikan dengan masing-masing peran, seperti frontendbackend, atau database. Frontend umumnya mengerjakan tampilan antarmuka dan menggunakan HTML dan CSS. Lalu, backend mengerjakan tampilan belakang layar agar lebih efisien dan menggunakan PHP atau Python. Sementara itu, database, bertanggung jawab untuk membuat dan mengimplementasikan data.

3. Membuat dan mengetes API

Antarmuka pemrograman aplikasi (API) adalah protokol komunikasi antara berbagai bagian yang dimaksudkan untuk menyederhanakan implementasi dan pemeliharaan perangkat lunak.

Setelah dibuat, API akan langsung didokumentasikan. Hal ini dikarenakan API sangat penting untuk pengembangan dan pemeliharaan situs.

4. Melakukan pengetesan situs

Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada masalah saat situs digunakan. Di beberapa perusahaan, pengecekan dilakukan secara rutin dan dilakukan oleh orang banyak agar masalah dapat ditemukan lebih cepat.

5. Membuat dan bertanggung jawab atas dokumentasi

Dokumentasi membantu melacak semua aspek dan meningkatkan kualitas situs. Fokus utamanya adalah pengembangan, pemeliharaan, dan juga sebagai alat transfer ilmu ke orang lain.

Skill Web Developer

Beberapa skill web developer adalah :

1. Memiliki Kemampuan HTML/CSS dan JavaScript

Pengetahuan atas tiga bahasa pemrograman ini wajib dimiliki. HTML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat situs dan aplikasi.

Kemudian, CSS digunakan untuk menggambarkan presentasi visual di halaman-halaman seperti tata letak, warna, dan font. Adapun JavaScript digunakan untuk membuat halaman interaktif.

2. Mengetahui Cara Membuat Desain Mobile-Friendly

Penting bagi web developer untuk mengetahui cara membuat website mobile-friendly. Sehingga, website bisa tampil oke di jenis device apapun.

3. Menguasai Bahasa Pemrograman Tertentu

Jika Anda ingin menjadi web developer yang mahir, tentu harus ada bahasa pemrograman yang Anda kuasai. Entah Python, SQL, Java, dsb.

4. Bisa Menggunakan Berbagai Tools Web Developer

Web developer membutuhkan website penyimpan dan pengelola kode ini agar kolaborasi pengerjaan project makin mudah. Tak hanya itu, web developer juga harus bisa menggunakan framework sesuai bahasa pemrograman yang dibutuhkan.

5. Mengerti Tentang SEO

Dengan memahami search engine optimization, web developer bisa merancang situs sesuai kaidah SEO. Harapannya, website lebih berpotensi masuk ke halaman pertama Google hingga menjaring lebih banyak traffic.

Apa Saja Keuntungan Menjadi Web Developer ?

 

1. Fleksibilitas dalam Bekerja

Web developer memiliki kemudahan untuk menjalani pekerjaan sesuai keinginan mereka. Berbekal kebutuhan utama berupa koneksi dan komputer yang mumpuni, web developer dapat bekerja dari mana saja.

2. Mendorong Kreativitas dan Problem Solving

Ketika menjadi web developer, sebagian besar pekerjaannya memang terkait dengan koding dan hal teknis. Namun, pekerjaan ini juga menuntut kreativitas dan kemampuan problem solving, lho.

3. Web Developer Makin Dibutuhkan

Kabar baiknya, web developer memiliki masa depan yang cerah karena akan terus dibutuhkan.  Bahkan, kebutuhan akan web developer diprediksi meningkat 15% antara 2020 dan 2030.

 

Itulah pengenalan terhadap peran dan pekerjaan web developer. Apapun pilihan Anda, jangan lupa tingkatkan skill dengan mencoba praktik langsung. Paling mudahnya, terapkan pengetahuan Anda dengan mengutak-atik hosting dan membuat website.

 

Sumber :

Apa Itu Web Developer? Pengertian, Jenis, dan Skill yang Dibutuhkan

Memahami Peran dan Pekerjaan Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.