Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

Asah 10 Skill ini, Paling Dibutuhkan Tahun 2023

January 3, 2023by Nirmala Syahru0
Things To Focus on As a Project Manager

Persaingan dunia kerja saat ini semakin ketat, ditambah dengan hadirnya banyak profesi baru yang memanfaatkan media digital sebagai pendukung dalam menyelesaikan pekerjaan. Membuat para pencari kerja harus ikut bertransformasi khususnya mengasah skill yang sesuai untuk bidang tersebut.

Dimana era digitalisasi mendorong para pencari kerja bukan hanya harus memiliki hard skill akan tetapi juga memiliki soft skill. Semuanya dibutuhkan untuk bersaing di tengah dunia kerja yang ketat.

 

Apa Itu Skill?

Secara singkat, definisi dari skill dalah sebuah kemampuan untuk melakukan sesuatu. Dalam hal ini kemampuan tersebut meliputi keahlian dan keterampilan seseorang.

 

Manfaat Menguasai Skill yang Tepat

Menurut Duan Akelyaman, Glints ExpertClass Lead, menguasai skill yang tepat dapat membantu kita ketika banyak pekerjaan saat ini yang akan tergantikan di masa depan. Mari kita ketahui apa saja manfaatnya !

1. Lebih mudah mendapatkan pekerjaan

Dengan menguasai skill yang tepat, kamu dapat menjadi salah satu kandidat yang dapat mengisi kekosongan tersebut. Kamu juga terlihat lebih unggul daripada kandidat lainnya.

Ada skill tertentu yang sedang dicari oleh perusahaan namun sedikit kandidat yang berkualitas karena tidak banyak orang yang menguasai skill tersebut.

2. Mendapatkan tawaran gaji yang lebih tinggi

Ketika kamu mampu menguasai kombinasi skill yang tepat dan banyak dicari oleh perusahaan, maka perusahaan akan menghargai kamu dengan nilai yang tinggi karena dapat memberikan kontribusi yang signifikan.

3. Membangun kemampuan untuk bertahan di era digital

Seperti yang kita ketahui, ada banyak berita mengenai layoff massal jelang tutup tahun 2022 di berbagai perusahaan teknologi ternama.

Menguasai skill yang tepat sejak saat ini akan membantu kamu menghadapi ketidakpastian seperti itu di masa mendatang.

 

Jenis-Jenis Skill

Pada dasarnya secara umum yang kita ketahui bersama, bahwa skill memiliki dua jenis yaitu:

  • Hard Skill, adalah kemampuan secara teknis yang bisa diperoleh melalui pelatihan, pengalaman serta pendidikan. Contohnya : kemampuan multi bahasa, kemampuan manajemen basis data, kemampuan menganalisis statistik data dan masih banyak lagi.
  • Soft skill, adalah kemampuan yang berasal dari sifat pribadi seseorang sehingga membentuk cara bekerja dengan baik. Contohnya: Kemampuan beradaptasi, berintegritas, kreatifitas, kerja tim, komunikasi, dan masih banyak lagi.

 

Skill Yang Paling Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja 2023

 

  • Keterampilan Komunikasi

Dalam sistem kerja perusahaan keterampilan berkomunikasi sangat penting untuk menyampaikan pesan yang efektif bagi konsumen. Ini bisa saja meliputi saat akan mempromosikan sebuah produk atau dalam mencetuskan ide baru.

Skill ini juga mendukung perkembangan dari bisnis karena menyangkut kepercayaan konsumen. Bukan hanya itu saja branding dari perusahaan juga perlu dibangun dari komunikasi pekerjanya.

  • Problem Solving

Dimana dalam sebuah perusahaan akan terjadi banyak masalah-masalah yang tidak terduga. Bisa saja berasal dari produk yang tidak sesuai, target market yang salah, kebutuhan pasar yang tidak memadai.

Sebelum mendapatkan solusi untuk masalah yang terjadi, kamu tentu harus memahami terlebih dahulu masalah apa yang terjadi, kemudian menganalisisnya dan barulah bisa memberikan penyelesaian yang sesuai berupa inovasi baru didalamnya.

  • Mudah Beradaptasi

Lingkungan kerja sangat mempengaruhi kualitas dari pekerjaan yang akan kamu geluti. Banyak pekerja yang merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja mereka sehingga memilih untuk resign.

Mengatasi hal tersebut perlunya soft skill mudah beradaptasi pada berbagai lingkungan kerja. Apalagi di era kolaboratif saat ini dimana kita sangat dituntut untuk cepat menyesuaikan diri dengan ritme perusahaan. 

  • Berpikir Analitis dan Kritis

Masih pada kategori soft skill yaitu berpikir analitis juga menjadi skill yang paling dibutuhkan di tahun 2023. Menghadapi dunia kerja kamu dituntut untuk berpikir secara kritis dalam hal memahami sesuatu tentang perusahaan dengan baik.

Selain itu juga harus dibarengi dengan berpikir analitis yang bisa membuat kamu menemukan pola, menarik kesimpulan hingga membantu kamu bekerja secara lebih efektif. 

  • Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan soft skill yang paling dibutuhkan di tahun 2023. Kemampuan ini penting dalam dunia kerja karena disini kamu bisa lebih memprioritaskan sesuatu. Misalnya pembagian waktu antara jam kerja dengan jam yang seharusnya kamu istirahat. Jika kamu berhasil menerapkannya kinerja kamu menjadi lebih produktif dan tidak terbebani dengan kerja yang ada.

  • Analisis Data

Skill yang paling dibutuhkan di tahun 2023 dari kategori hard skill adalah analisi data. Kemampuan yang satu ini diperoleh dari metode analisis data yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang diminta perusahaan.

Skill ini bisa Anda asah dengan mempelajarinya terlebih dahulu dengan berbagai tools pembantu seperti Python, Google Data Studio, Datapine dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengikuti pelatihan atau mempelajari tools ini secara otodidak.

  • Digital Marketing

Digital marketing dapat dikatakan sebagai strategi memasarkan produk dengan media digital yang tersambung pada internet. Banyaknya bisnis online membuat kemampuan penting untuk kamu asah. Kamu bisa mulai mempelajari tentang SEO, cara mengelola media sosial, kemudian cara melakukan iklan berbayar pada media sosial dan lain-lain. 

  • Desain Grafis

Kemampuan ini mengharuskan kamu memiliki keahlian dalam mendesain sesuatuApalagi berkembangnya media sosial membuat banyak perusahaan membutuhkan konten promosi produk yang mereka punya.

Untuk itu  kamu bisa mulai mempelajari desain website, kemudian desain iklan pada platform media sosial dan sebagainya. 

  • Coding

Jika kamu tertarik bekerja di bidang IT maka skill ini sangat diperlukan. Apalagi era digitalisasi akan semakin berkembang dan skill ini  bisa  kamu pahami dengan konsep coding dari awal, melihat tutorialnya, membeli bukunya sampai mengikuti pelatihannya.

  •  Cloud Computing

Terakhir skill yang paling dibutuhkan dalam dunia kerja di tahun 2023 adalah cloud computing. Kemampuan ini masuk dalam kategori hard skill yang bidang pekerjaannya pada bidang IT yang meliputi tentang penyimpanan data, server, database serta perangkat lunak lainnya. Kemampuan ini dalam dunia kerja diprediksi akan semakin dibutuhkan beberapa tahun mendatang.

 

Nah, itulah pembahasan mengenai skill yang diperlukan tahun 2023 untuk dapat bersaing di tengah era digital.

Pastikan kamu mengetahui minatmu agar lebih semangat mempelajari skill baru. Kamu juga dapat melihat lowongan kerja yang kamu inginkan dan perhatikan kualifikasi yang diminta oleh perusahaan untuk melihat skill yang dicari.

 

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.