Monday - Friday8AM - 9PM
OfficesJl. Letkol G.A Manulang No.214 Padalarang
Visit our social pages

8 Tren UI/UX Design Terkini, Freshgraduate Wajib Tau!

December 6, 2022by Nirmala Syahru0
Sumber gambar : Dribbble.com

Semakin hari ada semakin banyak pengguna internet. Angka ini semakin meroket dari tahun ke tahun. Jumlah pengguna internet Indonesia sendiri terhitung pada Januari 2022 kini sudah mencapai 204,7 juta orang. Tentu sebagai seorang web developer kita juga harus mengikuti perkembangan zaman dan menjadikan website maupun aplikasi kita sebagai pilihan terbaik bagi para pengguna.

Salah satu cara agar website Anda tetap menjadi pilihan para pengguna adalah dengan mengikuti trend design UI/UX yang akan selalu update di tiap  tahunnya. Berbagai prediksi tren ini bisa kamu gunakan sebagai referensi saat membuat sebuah desain.

Nah, supaya tidak penasaran, yuk, cek prediksinya di artikel berikut ini!

1. Card Design 

Card design adalah salah satu UI trend yang paling update. Biasanya jenis desain ini digunakan untuk mendemonstrasikan banyak elemen yang ingin ditunjukkan secara bersamaan.

Salah satu contohnya adalah seperti pada website Dribbble.com dimana card design digunakan untuk menunjukkan berbagai macam projek yang sudah dikerjakan oleh seorang desainer.

2. Emotional Design

Code & Pepper berpendapat bahwa emotional design memungkinkanmu membangun hubungan yang lebih berarti dengan user. Hal tersebut tentu dapat menambah customer loyalty mereka.

Emotional design memungkinkanmu memberi feedback ke user seputar aktivitasnya. Sehingga, kamu menunjukkan kontenmu seputar hal-hal yang berkaitan dengan dirinya.

Beberapa contoh yang termasuk dalam emotional design seperti ucapan selamat dari aplikasi keuangan ke user atas tercapainya tujuan menabung selama 3 bulan.

3. Pendekatan Mobile First

Banyaknya pengguna internet yang menggunakan device berupa smartphone membuat desain dengan pendekatan mobile first menjadi sangat populer.

Metode ini berfokus pada tampilan layar mobile terlebih dahulu sebagai prioritas, kemudian merambah pada desain untuk perangkat lainnya.

Dengan begini, Kamu dapat memastikan platform yang anda bangun dapat dijangkau oleh lebih banyak user.

4. Sinkronisasi Perangkat

Sebuah aplikasi dengan device synchronization memungkinkannya untuk bisa diakses oleh user di lebih dari satu perangkat.

Sebagai contoh, kamu sedang menonton video melalui aplikasi X di laptopmu. Namun ternyata, laptopmu mati karena kehabisan baterai saat video masih diputar.

Nah, kamu bisa melanjutkan menonton video di aplikasi X yang ada dalam HP tepat di bagian ketika laptopmu mati.

Hal tersebut tentu dapat memudahkanmu sebagai user ketika menonton video karena tidak perlu mencari atau scrolling video lagi secara manual.

5. Glassmorphism

Glassmorphism adalah sebuah tren yang menggunakan unsur transparan sehingga memberikan efek blur terhadap background-nya. Dengan design ini kita bisa membuat efek seolah-olah user sedang melihat elemen design kita dari sebuah kaca. Tren ini memiliki ciri khas yaitu menggunakan efek objek melayang, serta penggunaan warna cerah dan border objek tipis.

6. Motion design

Motion design diprediksi menjadi tren untuk bidang UI atau UX design di tahun sekarang dan tahun mendatang.

Hal ini didorong oleh berbagai teknologi baru seperti 5G dan animation library yang memungkinkan desainer membuat animasi mulus sambil memastikan ukurannya tidak terlalu besar.

Sehingga, memanfaatkan teknologi terbaru dan mengadopsi tools tersebut memungkinkanmu untuk membuat motion design dalam UI/UX.

Tidak hanya itu, motion design juga memberi pengalaman yang lebih mulus dan membuat user senang karena adanya micro-interaction yang menarik.

7. Dark theme

Merehead menyebutkan bahwa dark theme di aplikasi dan website akan menjadi tren di bidang UI/UX design yang akan terus berkembang.

Hal ini karena dark theme tidak membuat mata kesilauan ketika user melihat suatu website atau aplikasi.

Tidak hanya itu, kombinasi dark theme dengan OLED juga dapat meningkatkan durasi baterai smartphone, laptop, dan perangkat lainnya.

Sehingga, bukan tidak mungkin dark theme akan menjadi fitur yang banyak diminta oleh user di setiap aplikasi atau website.

8. Warna Pastel

Design minimalis dan warna-warna pastel memang bisa menjadi kombinasi yang tepat bagi sebuah UI UX design. Warna pastel akan membuat desain kamu tidak terkesan terlalu berat, dan dapat memberikan atmosfer design yang ringan dan praktis.

Itu adalah beberapa prediksi tren UI/UX design di tahun 2023 mendatang.

Tentu, masih ada bidang lain juga yang diprediksi akan memiliki tren yang akan bermunculan di tahun 2023 mendatang.

Semoga artikel diatas bisa menjadi paduan utama kamu dalam belajar cara membuat UI/UX design.

 

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.
AVANTAGEHeadquarters
Organically grow the holistic world view of disruptive innovation via empowerment.
OUR LOCATIONSWhere to find us?
https://sampulkreativ.com/wp-content/uploads/2019/04/img-footer-map.png
GET IN TOUCHAvantage Social links
Taking seamless key performance indicators offline to maximise the long tail.